rss

Selasa, Juli 07, 2009

Toyota Cabut Sirkuit Fuji dari Kalender F1 Tahun 2010

Oyama - Krisis finasial global kembali memakan korban, kali ini gelaran GP Jepang 2010 yang sejatinya dihelat di Fuji Speedway. Toyota selaku pemegang hak penyelenggaraan telah menyatakan mundur.

Sirkuit Fuji Speedway dijadwalkan menggelar balapan F1 tahun 2010. Namun, hal itu takkan terlaksana. Atas dasar penghematan, Toyota pun menyetop rencana balapan tersebut.

"Saya meminta maaf dalam-dalam karena tidak dapat memenuhi ekpsektasi," kata Presiden Fuji International Speedway Hiroaki Kato seperti dikutip Sky Sports.

Bulan Maret lalu, Toyota baru mencatat kerugian 436,9 miliar yen (4,6 miliar dolar AS) dan diprediksi akan terus bertambah buruk sepanjang tahun ini. Namun, tim Honda diyakini akan tetap berkompetisi di ajang F1, tidak seperti tim Honda yang telah mundur di awal musim ini.

Reuters mencatat bahwa sirkuit Fuji kali pertama menggelar balapan F1 pada tahun 1976 silam, tapi kecelakaan yang melibatkan Gilles Villeneuve dan menewaskan dua penonton membuat sirkuit itu dicopot dari kalender F1.

Sejak tahun 1987 sampai tahun 2006, sirkuit Suzuka menjadi tempat balapan GP Jepang, sebelum akhirnya sirkuit Fuji Speedway kembali lagi ke kalender F1 tahun 2007 dengan Lewis Hamilton keluar jadi juara. Musim lalu Fuji Speedway kembali menghelat GP Jepang, kali ini dengan Fernando Alonso jadi kampiun.

Musim ini, GP Jepang dilaksanakan di sirkuit Suzuka yang lisensinya dipegang oleh Honda Motor. Rencananya, Suzuka dan Fuji Speedway akan bergantian menggelar GP Jepang setiap tahunnya.
Source : detiksport.com

0 komentar:


Posting Komentar

 

Recent Post

Recent Comments

Followers