rss

Senin, November 09, 2009

Rossi: Pilih Saya atau Lorenzo, Yamaha!


JAKARTA — Kontrak Valentino Rossi bersama Yamaha baru akan selesai pada akhir musim 2010. Namun, dari sekarang, "The Doctor" sudah memberikan peringatan kepada pabrikan Jepang tersebut untuk memutuskan pilihan pebalap untuk musim 2010: dia atau Jorge Lorenzo!
"Yamaha harus memutuskan antara saya dan Jorge untuk musim 2011," ungkap Rossi dalam wawancara dengan BBC. "Saya memiliki pilihan yang menyenangkan, yaitu bergabung dengan Ducati."

Pebalap berusia 30 tahun ini mengeluarkan pernyataan tersebut sebagai bentuk ketidaksenangannya terhadap tim. Pasalnya, Yamaha mengembangkan sebuah motor yang juga memberikan keuntungan kepada rival terdekatnya tersebut.

Ya, sejak berada dalam satu tim sejak tahun lalu, Lorenzo menghadirkan persaingan yang membuat Rossi khawatir. Puncaknya terjadi pada musim 2009 ini, ketika Lorenzo kerap menguntitnya. Beruntung, pada balapan di Sepang, Malaysia, Lorenzo gagal finis dan Rossi menempati urutan ketiga sehingga Rossi bisa memastikan diri sebagai juara dunia 2009.

Musim depan, Rossi dan Lorenzo masih tetap memperkuat Fiat Yamaha. Diperkirakan, juara dunia sembilan kali ini kembali mendapat tantangan serius dari Lorenzo, yang sudah memperpanjang kontrak dengan Yamaha sampai musim depan.

Elias tampil di Moto2

Dari markas tim Gresini Honda, Toni Elias mengonfirmasi bahwa pada musim depan, dia memutuskan untuk turun kasta. Pebalap Spanyol tersebut akan meninggalkan MotoGP dan memilih untuk bersaing di kelas baru, Moto2.

Sebenarnya, pada musim ini, Elias menunjukkan performa yang cukup bagus lantaran finis di urutan ketujuh merupakan yang terbaik selama keikutsertaannya di MotoGP sejak 2005. Sayang, satu kemenangan dan lima kali podium yang dipersembahkan tidak cukup mengamankan posisinya untuk terus bertahan di kelas paling bergengsi ini.

Alhasil, Elias pun terdepak dari kelas premier karena tidak memiliki tim. Pebalap yang pernah meraih tujuh kemenangan dan 20 kali naik podium selama tampil di kelas 250 cc dari 2002-2004 ini memutuskan untuk pindah ke Moto2 yang menggunakan mesin 600 cc sebagai langkah awal untuk membuka jalur baru kembali ke MotoGP pada musim selanjutnya.

"Sekarang, petualangan saya di MotoGP sudah berakhir. Namun, saya berharap segera kembali setelah mengambil tantangan baru yang sedang menanti, mulai besok, di Moto2," ungkap Elias di Valencia.

Di Moto2 pada tahun depan, Gresini Honda juga memiliki tim. Akan tetapi, Elias tak memperkuatnya karena sudah bergabung dengan proyek Tech 3 dan Pons Kalex Moto2.

Rekan setim Elias di Gresini Honda, Alex de Angelis, juga mengalami nasib serupa (terlempar dari MotoGP). Meskipun demikian, De Angelis belum memberikan keterangan tentang rencananya.

Sementara itu, pada musim depan, Gresini Honda menggaet duo Marco yang menjadi pebalap barunya. Selain bekas pebalapnya, Marco Melandri, mereka juga merekrut mantan juara dunia kelas 250 cc yang akan berstatus rookie, Marco Simoncelli.
Source : Kompas.com

0 komentar:


Posting Komentar

 

Recent Post

Recent Comments

Followers